NiatUsaha.CoM kali ini akan mencoba mengulas sebuah peluang usaha yang sepertinya masih banyak diminati dan akan terus berkembang nantinya....

Peluang Usaha Pemancingan Ikan

21.43 Taz4 Media 0 Comments

NiatUsaha.CoM kali ini akan mencoba mengulas sebuah peluang usaha yang sepertinya masih banyak diminati dan akan terus berkembang nantinya. Sebuah peluang usaha yang memiliki segmen market tersendiri yaitu dari kalangan yang hobinya pancing memancing hehe..


Memancing ikan merupakan hobi yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia, sayapun menjadi salah satunya disela-sela pekerjaan yang ada, sesekali pergi memancing untuk melepaskan penat dan juga menyegarkan pikiran dengan pergi memancing ke kolam pemancingan ikan yang ada disekitar saya. Berawal dari beberapa minggu yang lalu ketika saya pergi ke pemancingan di salah satu daerah di Kalasan Sleman Jogjakarta ternyata pikir punya pikir setiap orang bisa juga membuka usaha pemancingan ikan ini jika tahu caranya. Lalu bagaimana caranya? saya sendiripun juga tidak tahu, namun dari beberapa hal yang saya lihat mungin bisa saya sampaikan sedikit tips dan metode yang bisa kita ambil jika ingin memanfaatkan peluang usaha ini.


Jika dilihat dari marketnya, seorang yang sudah hobi memancing sepertinya tidak akan bosan untuk terus memancing, kadang dia malah mengajak keluarga dan teman-temannya. Hal ini cukup menjadi alasan bahwa peluang usaha ini terbuka lebar karena marketnya sudah terbentuk sejak lama, yaitu orang-orang yang hobi memancing.


Peluang usaha ini juga tidak mengenal waktu apakah libur atau hari kerja, biasanya ada saja orang yang ingin memancing, nah hal ini juga perlu kita ketahui sehingga kita bisa mempersiapkan dengan baik jika memang ingin mencoba peluang usaha ini.


Dari beberapa pemancingan yang saya amati, disana tidak hanya sekedar pemancingan ikan saja, namun dilengkapi dengan gubug-gubug kecil di area pemancingan sebagai tempat untuk santai dan menyantap hasil pancingan para pemancing. Biasanya hasil pancingan mereka disantap disana dengan jasa masak pemilik pemancingan tentunya. Kadang juga di bawa pulang untuk dimasak sendiri. Nah ini juga sebuah peluang usaha baru didalam bisnis pemancingan ini, Pengolahan ikan hasil pancingan bisa anda kenakan biaya. Dan tentu saja ikan yang dipancingpun juga harus ditimbang dan dibayar sesuai harga per kilogram yang anda tentukan.


Kalo dari yang saya alami dan lihat sewaktu ingin membawa pulang hasil pancingan, mereka menetapkan biaya Rp.15.000/kg segala jenis ikan dicampur disitu, intinya ditimbang berat berapa biaya berapa. Untuk masalah ini bisa anda sesuaikan dengan  harga setempat anda disana.


Biaya untuk memancingnyapun bisa anda gratiskan, namun anda juga bisa menyewakan alat pancing, kadang orang datang tidak membawa alat pancing sendiri, termasuk saya waktu itu haha… cukup murah kok, Rp.2500 untuk 1 alat pancing dan Rp.2000 untuk satu bungkus umpan ikannya. Silahkan anda atur sendiri gimana enaknya.


Beberapa detail diatas mungkin bisa memberikan gambaran bahwa peluang usaha ini bisa dilakukan siapa saja, tinggal sekarang anda menemukan lokasi yang cocok untuk dibuat kolamnya. Jika anda tidak punya lahan, anda bisa kerjasama dengan pemilik lahan, Jika anda terkendala dana untuk pembuatan kolam ikan tersebut, anda bisa ajak teman atau investor untuk bekerjasama mendanai pembuatan kolam ikan tersebut dan tentunya bagi hasil dalam profit bisnis usahanya nanti. Saya rasa untuk permasalahan seperti ini anda yang lebih tahu dengan kondisi keuangan dan daerah geografis yang ada disekitar anda.


Mungkin sementara hanya sedikit gambaran peluang usaha pemancingan ikan ini, Sebenarnya ingin berpanjang lebar namun karena waktu dan saya harus meneruskan bisnis saya maka insyaAllah kedepan kita sambung lagi dengan beberapa peluang usaha yang bisa kita manfaatkan. Cukup sekian dulu ya, dan Terima Kasih.

Peluang Usaha Pemancingan Ikan, 4.0 out of 5 based on 12 ratings SharePosted on Monday, March 5th, 2012 at 6:42 am in Peluang Usaha, peluang usaha 2012   |  RSS feed Comments are currently closed, but you can trackback from your own site.


View the original article here

0 komentar: