keperluan  mengelola limbah belum redup. banyak perusahaan berskala kecil-menengah yang belum  mempunyai  tenaga pengolah. pasar lain yang...

peluang usaha mengolah limbah menjadi uang berlimpah

07.59 Unknown 1 Comments

peluang usaha limbah
keperluan mengelola limbah belum redup. banyak perusahaan berskala kecil-menengah yang belum mempunyai tenaga pengolah. pasar lain yang dapat dirambah dari layanan pengolahan limbah terbilang luas, layaknya penjualan bahan kimia. 

usaha pengolahan limbah seperti kopi luwak. meski tidak bermakna untuk si penghasil, limbah justru mendatangkan barokah untuk mereka yang dapat memproses

keperluan untuk mengelola limbah nampak dikarenakan belasan aturan, dimulai dari undang-undang sampai ketentuan menteri. regulasi itu mengharuskan perusahaan, apapun industrinya, dimulai dari pabrikan, hotel, ataupun rumah sakit, mesti mengelola residu dari aktivitas operasi mereka. 

di grup layanan pengolahan limbah, sangat popular yaitu pengolahan limbah cair. layanan pengolahan air limbah atau waste water treatment plant ( wwtp ) adalah sistem pengolahan limbah berupa cairan yang datang dari sistem produksi. hasil pengolahan yaitu cairan yang terbebas berbahan kimia industri, sampai safe dibuang. umumnya air hasil pengolahan limbah dapat dibuang ke sungai atau saluran air di lebih kurang pabrik. 

sekarang ini hampir seluruh industri membuahkan limbah cair didalam aktivitas produksinya. yang membedakan pada industri yang satu dengan yang lain yaitu type limbah yang dihasilkan dan type pengolahan yang harus

serta yang pantas diingat, keharusan memproses limbah tidak mengetahui skala usaha. baik korporasi kelas dunia maupun perusahaan yang pasarnya cuma sekabupaten lalu terus harus memproses limbah. “hampir seluruh pabrik berskala besar telah mempunyai vendor pengolah limbah. tetapi, banyak pabrik skala menengah-kecil yang belum, ” papar saprudin ade mulyana, pemilik cv sempurna multi manfaatdi antara pengolah limbah cair. 

janganlah lupa, pabrik besar juga mungkin melacak pengelola limbah baru. kesempatan itu nampak mungkin saja dikarenakan pengelola pabrik akan menambah kapasitas produksi. pelaku bisnis olah limbah cair juga dapat tawarkan layanan pengolahan air limbah toilet, atau sewage treatment plant ( swp ). pasar lain yang dapat digarap yaitu pemasangan instalasi pengolah limbah cair. 

untuk ilustrasi saja, satu pabrik skala menengah dapat menggunakan lebih kurang rp 300 juta–rp 400 juta untuk proyek perawatan serta pengolahan air limbah. dari nilai itu, margin yang dapat di nikmati pengolah limbah 7%–10%. 

yang butuh diingat, itu baru proyek dari satu pabrik. walau sebenarnya, pengolah limbah dapat memperoleh banyak proyek per th.. “dalam 1 tahun, kami mengatasi 7 proyek–8 proyek, ” tutur roni mulyana, pendiri cv bidara pratama, pengolahan limbah yang berpusat di bandung. nilai per proyek bidara sama dengan perumpamaan diatas

cerita sempurna multi tidak tidak sama. perusahaan yang didirikan ade pada 2009 itu, saat inidapat mencetak omzet sampai rp 900 juta per th.. “kisaran laba 20%–30% dari nilai proyek, ” makin ade. 

dari pengalaman ke-2 perusahaan itu, dapat diartikan potensi balik modal usaha ini terbilang cepat. baik ade ataupun roni mengaku mengawali usaha ini dengan modal lebih kurang rp 20 juta–rp 30 juta. bila margin bersih lebih kurang 7%–10%, serta rata-rata nilai proyek rp 200 juta–rp 300 juta, bermakna, modal awal dapat kembali didalam tempo 2–3 bln. saja. 

sebelum saat terjun ke usaha ini, bukan hanya bermacam kualifikasi tehnis yang anda perlukantetapi jaringan. anda mesti mempunyai daftar calon customer sekalian akses ke beberapa teknisi di bidang tehnik kimia, tehnik sipil, serta tehnik lingkungan. 

ambillah perumpamaan roni yang giat menjalin relasi dengan beberapa akademisi serta praktisi di bidang pengolahan limbah cair dari institut teknologi bandung ( itb ). “para praktisi dapat bertindak sebagai insinyur, konsultan serta controlling untuk mutu airnya. kita tak perlu mempekerjakan mereka sebagai karyawan terusnamun merekrut per kontrak, ” papar dia. 

untuk memperoleh customermemanglah tidak ada jurus yang cespleng. layaknya usaha layanan, pengolah limbah dapat lebih mudah melacak klien bila telah mempunyai referensi. tak tahu dari sesama pengolah limbah, atau dari perusahaan yang dulu menggunakan jasanya. 

roni merekomendasikan, mereka yang terhitung muka baru, mempersiapkan proposal semenarik barangkalipasti, ukuran menarik disini bukan hanya masalah penampilan presentasi, tetapi isi proposal yang detilcocokkan isi proposal dengan industri calon klien, mengingat regulasi pengolahan limbah berlainan untuk type usaha. 


berburu dari amdal 

pelaku bisnis pengolahan limbah juga dapat berburu info dari perencana bangunan. umumnya, perencana bangunan mempunyai info pabrik mana yang dapat dibangun. sumber info lain yaitu beberapa pejabat pemerintah tempat yang mengurusi masalah lingkungan maupun beberapa peneliti kajian efek lingkungan ( amdal ). 

sesudah mempunyai relasi dengan beberapa teknisi, perencana bangunan serta peneliti lingkungan, anda juga mesti membangun jaringan ke pemasok bahan kimia yang diperlukan untuk membersihkan limbah cair. 

bahan yang biasa dipakai yaitu pac dengan harga pasaran rp 12. 000/kg, kapur dengan harga pasaran rp 9. 000/kg, asam sulfat ( h2so4 ) yang harga pasarannya rp 15. 000/lt. lantas, kain filter pres dengan harga pasaran rp 300. 000–rp 700. 000 per lembar. “rata-rata penggunaan didalam 1 bulan, 100 kg pac, 100 kg kapur, 100 liter h2so4 serta 1 lembar–12 lembar kain filter pres, ” papar ade. 

jika usaha anda telah bergulir, ekspansi amat barangkali terlaksana. maklumlah, usaha pengolahan limbah mempunyai banyak lini yang saling berkenaandimulai dari rencana tehnik ( engineering ), pengadaan barang, layanan fabrikasi serta instalasi ( kontraktor ), dan perawatan ( maintenance ). 

roni menuturkan, banyak pabrikan yang telah dapat memproses limbahnya terkadang mengorder bahan kimia dan pembaharuan sistem pengolahan limbah cair. bidara saat ini membukukan penjualan obat kimia untuk pengolahan limbah cair, sejumlah 40 ton per bln.. omzet dari penjualan bahan kimia di bidara lebih kurang rp 300 juta–rp 500 juta, dengan margin keuntungan 20%–25%. 

bila anda pingin masuk ke usaha pemasangan instalasi pengolahan limbah cair, jalur termudah yaitu menjalin relasi dengan kontraktor yang spesial sediakan layanan tersebut. beberapa pelaku di usaha ini umumnya mempunyai spesialisasi, sampai memerlukan mitra untuk kerja yang di luar keahliannya. margin sebagai jatah subkontraktor dapat meraih 20%. 

bila telah meyakini dengan prospek usaha ini, baiknya anda mempersiapkan isi kantong. memerhatikan cerita awal ade serta roni, investasi awal pengolahan limbah terbilang terjangkau, lebih kurang rp 30 juta–rp 40 juta. adapun cost operasional per bln. dapat meraih rp 25 juta. 

di grup cost operasional, yang dapat dihemat yaitu pengeluaran untuk sewa kantor. waktu pertama kali meniti bisnisnya, th. 2008, roni menyewa sesuatu ruko berukuran kecil dengan tarif lebih kurang rp 15 juta per th.. ade lebih irit lagi, dikarenakan menggunakan rumah sendiri. 

roni memberikan bahwa pengolahan limbah tidak terhitung usaha yang butuh tampak wah. ini berartipelaku bisnis limbah tidak butuh berkantor di gedung nan megah. apalagikeperluan untuk menempatkan iklan terbilang rendah. awareness calon klien lebih mudah dibentuk dengan rekomendasi dari sesama pengelola limbah, maupun mereka yang dulu menggunakan layanan.

karyawan yang diperlukan di step awal yaitu satu orang untuk mengurus administrasi serta keuangan serta seorang pemasar. anda juga perlu mereka yang memahami tehnik kimia dan seorang insinyur sipil. teknisi kimia diperlukan untuk menggerakkan tehnik pengolahan limbah cair. tengah insinyur sipil dapat mengkalkulasi cost serta kepentingan dari setiap proyek yang dapat digerakkancost bulanan untuk gaji keempat karyawan sekurang-kurangnya rp 10 juta. komponen cost lain setiap bulannya yaitu cost transportasi, operasional, serta pemasaran. kisaran nilai pos ini yaitu rp 10 juta–rp 15 juta. 

cost transportasi butuh ada dikarenakan aktivitas pengolahan limbah berjalan di pabrik klien, yang mungkin jauh dari alamat kantor anda. adapun cost pemasaran termasuk biaya pulang-pergi tenaga pemasar waktu melacak proyek. untuk bidara, roni menuturkan, gaji karyawan per 1bulan lebih kurang rp 60 juta–rp 65 juta. tengah cost operasional yang lain lebih kurang rp 50 juta–rp 60 juta per bln., bergantung pada intensitas operasional dan jarak lokasi dari kantornya ke pabrik klien. 

tidak lupa, tarif penyewaan laboratorium limbah cair juga mesti diperhitungkan sebagai cost teratur per bln.. pemain pemula memanglah tidak butuh mempunyai laboratorium sendiri untuk mengecek mutu limbah yang diolah. mengingat ada standar untuk pengolahan limbah, anda tidak dapat menentukan sembarang laboratorium. yang layak untuk lantas pilihan yaitu laboratorium yang telah memperoleh akreditasi dari pemerintah untuk mengecek limbah cair sesuatu pabrik. 

bila anda mesti menggunakan sarana laboratorium sejumlah enam kali didalam 1 bulan, dana yang perlu dikeluarkan berkisar rp 4 juta–rp 5 juta. catatan saja, tarif sewa laboratorium dapat meraih rp 700. 000 per kontrol.  

tiap-tiap bln.baiknya anda mempersiapkan dana spesial untuk menghibur klien. pasti, tujuan utama bukan hanya melacak kesenangan, tetapi buka kesempatan anda untuk memperoleh tender. “untuk step awal, biasalah bila rajin mentraktir calon klien waktu mengulas proyek, ” tutur roni. 

usaha yang menarik.

1 komentar:

  1. mending daftar di wisbux..dengan mendaftar GRATIS dan malah dapat UANG GRATIS sebesar Rp. 50.000.. Cara kerjanya cuma lihat iklan yg di sediakan selama 30detik saja setiap hari? Buruan daftar deh ,, gk akan rugi yg ada anda malah untung , Dan bisa melipat gandakan penghasilan dengan power profit harian.. silahkan gabung di alamat ini ,, http://www.wisbux.com/index.php?ref=dickyakbar kalau kurang jelas bisa lihat panduan di sini.. http://akbarwisbux.blogspot.com/

    BalasHapus